Latihan Soal TKA SD/MI 2025? Ini 10 Contoh + Kunci Jawabannya!
Halo Sobat Pembelajar! Siapa nih yang sebentar lagi bakal menghadapi Ujian Tes Kemampuan Akademik (TKA) untuk jenjang SD/MI? Jangan khawatir! TKA ini dirancang untuk mengukur sejauh mana sih pemahaman akademik kamu setelah belajar di sekolah dasar. Ujian ini penting banget lho, karena hasilnya bisa jadi salah satu pertimbangan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.
Biasanya, TKA SD/MI ini diselenggarakan sekitar bulan Maret atau April. Jadi, ada cukup waktu buat kamu untuk mempersiapkan diri dengan matang. TKA ini mencakup dua mata pelajaran utama yang sangat esensial, yaitu Bahasa Indonesia dan Matematika. Yuk, kita bedah lebih dalam!
Memahami Tes Kemampuan Akademik (TKA) SD/MI¶
TKA adalah sebuah standar tes yang bertujuan untuk mengukur pencapaian akademik siswa. Hasil dari tes ini bisa jadi benchmark atau patokan untuk melihat kesiapan kamu melanjutkan pendidikan. Khususnya untuk jenjang SD/MI, TKA difokuskan pada kemampuan berbahasa dan berhitung dasar yang menjadi fondasi ilmu pengetahuan.
Meskipun terdengar seperti ujian besar, sebenarnya TKA ini dirancang untuk memastikan bahwa kamu memiliki fondasi yang kuat di mata pelajaran inti. Nantinya, hasil TKA ini bisa digunakan sebagai salah satu syarat penting, terutama untuk jalur penerimaan siswa baru yang berbasis prestasi, baik di lembaga di bawah Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jadi, persiapan yang baik akan sangat membantu kamu meraih hasil terbaik!
Format Soal TKA SD/MI¶
Soal-soal TKA itu bervariasi banget formatnya, lho. Ada yang berbentuk soal tunggal, yaitu satu soal berdiri sendiri. Tapi ada juga soal grup yang mengacu pada stimulus tertentu, misalnya satu teks panjang untuk beberapa soal. Bentuk soalnya juga beragam, mulai dari pilihan ganda sederhana yang cuma butuh satu jawaban, sampai pilihan ganda kompleks yang jawabannya bisa lebih dari satu.
Untuk materi Bahasa Indonesia, fokusnya adalah keterampilan membaca. Kamu akan diuji kemampuan memahami teks fiksi (cerita) dan teks informasi (penjelasan). Sementara itu, untuk materi Matematika, yang diuji adalah pemahaman konsep dasar, kemampuan penalaran, dan pastinya skill memecahkan masalah. Semua soal ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yang berlaku di sekolah kita.
Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, mari kita lihat beberapa contoh soal TKA SD/MI beserta kunci jawabannya. Contoh-contoh ini bisa jadi panduan kamu untuk latihan di rumah. Yuk, kita mulai!
Contoh Soal TKA Materi Bahasa Indonesia¶
Materi Bahasa Indonesia dalam TKA SD/MI biasanya menguji pemahaman bacaan, kosa kata, serta kemampuan menyimpulkan informasi dari teks. Fokusnya adalah bagaimana kamu bisa menangkap inti cerita atau informasi yang disampaikan. Mari kita bedah contoh soalnya satu per satu.
Teks untuk soal nomor 1 sampai 3
Di hutan ada sebuah danau tempat semua binatang minum. Suatu pagi, air danau menjadi kotor karena Rino, si badak yang berendam di dalamnya. Binatang-binatang lain jadi tidak bisa minum. Namun, mereka takut menegur Rino karena badannya besar dan bercula.
Mereka diam seribu bahasa. Rino malah merasa bangga karena jadi pusat perhatian. Esoknya, Rino masih berendam. Binatang-binatang makin kehausan. “Aduh, bagaimana ini?” ujar Bani si kelinci. Hewan lain juga mulai gelisah.
Binatang-binatang hutan pun berkumpul dan bermusyawarah. Hari si harimau mengusulkan agar meminta bantuan Ucil si kancil. “Setuju!!” semua binatang berteriak antusias. Ucil menemui Rino. “Selamat siang. Maaf mengganggu tuan. Ada kabar penting,” kata Ucil dengan lembut.
Rino segera bangun. Ia merasa tersanjung dengan ucapan Ucil. “Kabar penting? Cepat bicara!” kata Rino. “Hamba kasihan kepada Tuan. Badan besar berendam di danau kecil. Tidak pantas, Tuan. Oh ya, ada makhluk yang menutup jalan air supaya tidak mengalir. Sayang, makhluk itu tidak kelihatan oleh mata kita, dia makhluk gaib,” lanjut Ucil.
Rino mengerutkan dahinya. “Percayalah, Tuan,” bujuk Ucil. Rino segera berjalan menuju pohon nangka. Ia pun mengawasi pohon itu selama setengah hari. Sementara itu, binatang yang lain bergantian datang untuk minum air danau. Rino selesai mengawasi pohon nangka. Ia kembali menuju danau. Sementara, binatang lainnya sudah meninggalkan danau. Mereka sudah tidak haus lagi.
1. Siapa yang memiliki usul untuk meminta bantuan hewan yang cerdik?
A. Bani
B. Ucil
C. Rino
D. Hari
Kunci Jawaban: D
Pembahasan: Untuk menjawab soal ini, kamu perlu membaca teks dengan teliti. Di paragraf ketiga, disebutkan dengan jelas, “Hari si harimau mengusulkan agar meminta bantuan Ucil si kancil.” Jadi, yang punya ide cerdik itu adalah Hari. Ini adalah jenis soal pemahaman teks langsung, di mana jawabannya bisa kamu temukan secara eksplisit dalam cerita.
2. “Mereka diam seribu bahasa.” Apa arti “diam seribu bahasa” pada teks fabel tersebut?
A. Para binatang di hutan tidak mampu melakukan sesuatu
B. Semua binatang di hutan menahan untuk tidak berkomentar
C. Penghuni hutan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain
D. Binatang-binatang di hutan tidak mengetahui masalah yang terjadi
Kunci Jawaban: B
Pembahasan: Frasa “diam seribu bahasa” adalah sebuah idiom atau ungkapan. Dalam konteks cerita ini, binatang-binatang lain takut menegur Rino, sehingga mereka memilih untuk tidak berbicara atau berkomentar sama sekali tentang tingkah laku Rino yang mengotori danau. Mereka menahan diri untuk tidak mengatakan apa-apa. Pilihan B paling tepat menggambarkan situasi ini, di mana mereka tahu masalahnya tapi tidak berani mengungkapkan pendapat atau keluhan mereka.
3. Apa contoh peristiwa yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kejadian yang dialami Ucil pada cerita tersebut?
Tentukan sesuai atau tidak sesuai untuk setiap pernyataan berikut!
- Tita memberi ide cemerlang yang dapat dilakukan oleh teman-teman di kelas. (Sesuai/tidak sesuai)
- Jani menghargai kepercayaan yang diberikan teman-teman sekelas kepada dirinya. (Sesuai/tidak sesuai)
- Nina bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang dipercayakan kepadanya. (Sesuai/tidak sesuai)
Kunci Jawaban: Tidak sesuai, sesuai, sesuai.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan kamu dalam mengaitkan pelajaran dari cerita fabel dengan kehidupan nyata.
* Tita memberi ide cemerlang: Dalam cerita, yang memberi ide bukan Ucil, melainkan Hari. Ucil adalah yang menjalankan ide tersebut. Jadi, pernyataan ini tidak sesuai.
* Jani menghargai kepercayaan: Ucil dipercaya oleh binatang-binatang lain untuk menyelesaikan masalah Rino, dan Ucil menjalankan tugas itu dengan baik, menunjukkan bahwa ia menghargai kepercayaan yang diberikan. Jadi, pernyataan ini sesuai.
* Nina bertanggung jawab: Sama seperti poin sebelumnya, Ucil menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang diembannya. Ia berhasil membuat Rino pergi dan danau kembali bersih. Jadi, pernyataan ini sesuai.
Teks untuk soal nomor 4 dan 5
Hewan Pemakan Daun, Apa Itu?
Hewan bisa dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan makanan mereka. Karnivora, hewan pemakan daging. Contoh hewan karnivora adalah singa. Selanjutnya herbivora, yaitu hewan pemakan tumbuhan. Sapi adalah contoh hewan herbivora. Terakhir, hewan omnivora, yaitu hewan pemakan daging dan tumbuhan, seperti beruang.
Dari kelompok herbivora, ada hewan yang hanya makan daun saja. Mereka disebut folivora. Hewan folivora hanya makan daun untuk hidup. Namun, daun itu susah untuk dicerna, apalagi kalau sudah tua. Kadang-kadang daun juga bisa mengandung zat yang bisa berbahaya.
Agar bisa mencerna daun, tubuh hewan folivora punya cara khusus. Mereka punya usus yang panjang agar makanan bisa diproses lebih lama. Tubuh hewan folivora bekerja lebih lambat, jadi tidak terlalu banyak bergerak. Di dalam perut hewan folivora juga ada bakteri baik yang membantu mencerna daun. Beberapa hewan folivora lebih suka daun muda karena lebih lembut dan mudah dimakan.
Ada beberapa contoh hewan folivora yang hidup di alam. Misalnya, panda yang makan daun bambu. Ada juga koala yang makan daun eukaliptus. Mereka tinggal di hutan dan sangat bergantung pada daun untuk makan. Karena itu, hutan tempat mereka tinggal harus dijaga supaya mereka bisa terus hidup.
4. Apa saja contoh hewan folivora berdasarkan informasi tersebut? Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
A. Sapi
B. Koala
C. Panda
Kunci Jawaban: Pernyataan B dan C
Pembahasan: Soal ini meminta kamu untuk mengidentifikasi informasi spesifik dari teks. Di paragraf terakhir, dijelaskan contoh hewan folivora: “Misalnya, panda yang makan daun bambu. Ada juga koala yang makan daun eukaliptus.” Sapi disebutkan di paragraf pertama sebagai contoh hewan herbivora secara umum, bukan folivora (pemakan daun saja). Jadi, koala dan panda adalah jawaban yang benar.
5. Apa gagasan utama yang disampaikan pada paragraf ketiga teks tersebut?
A. Jenis daun yang cocok untuk hewan folivora
B. Pembagian hewan berdasarkan makanan mereka
C. Cara khusus tubuh hewan folivora mencerna daun
D. Peranan penting hutan bagi kehidupan hewan folivora
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Gagasan utama adalah inti atau pokok bahasan dari sebuah paragraf. Untuk menemukannya, baca setiap kalimat di paragraf tersebut dan tentukan apa yang paling banyak dibahas. Paragraf ketiga seluruhnya membahas “Agar bisa mencerna daun, tubuh hewan folivora punya cara khusus.” Lalu dijelaskan usus yang panjang, kerja tubuh yang lambat, dan bakteri baik. Ini semua menjelaskan cara tubuh folivora mencerna daun.
Contoh Soal TKA Materi Matematika¶
Bagian Matematika dalam TKA SD/MI akan menguji kemampuanmu dalam berhitung, memahami konsep, dan memecahkan masalah sehari-hari. Kamu akan menemukan soal-soal tentang bilangan, pengukuran, geometri, hingga data. Yuk, kita lihat contohnya dan cara menyelesaikannya!
Soal Operasi Hitung Campuran¶
1. 120% - 3 + 2 x 0,75 + ⅔ =
A. 11/30
B. 49/60
C. 31/30
D. 98/60
Kunci Jawaban: A
Pembahasan: Untuk soal operasi hitung campuran, ingat urutan pengerjaan: Kali/Bagi dulu, baru Tambah/Kurang. Kalau ada persen atau desimal, ubah dulu ke bentuk pecahan biasa agar lebih mudah dihitung.
Langkah-langkahnya:
1. Ubah semua ke pecahan:
* 120% = 120/100 = 12/10 = 6/5
* 0,75 = 75/100 = ¾
2. Lakukan perkalian dulu:
* 2 x ¾ = 6/4 = 3/2
3. Sekarang hitung semua:
* 6/5 - 3 + 3/2 + ⅔
4. Samakan penyebutnya (KPK dari 5, 1, 2, 3 adalah 30):
* (6/5) * (6/6) = 36/30
* 3 * (30/30) = 90/30
* (3/2) * (15/15) = 45/30
* (⅔) * (10/10) = 20/30
5. Gabungkan:
* 36/30 - 90/30 + 45/30 + 20/30
* = (36 - 90 + 45 + 20) / 30
* = (-54 + 45 + 20) / 30
* = (-9 + 20) / 30
* = 11/30
Soal Perbandingan dan Diskon¶
2. Menjelang tahun ajaran baru, Toko Buku ABC memberikan diskon 10% untuk semua jenis buku. Diketahui harga buku X adalah ½ dari harga buku Y dan harga buku Z adalah 0,75 kali harga buku Y. Apabila harga buku Y adalah Rp24.000,00, maka harga buku X + Z setelah dikenakan diskon adalah.....
A. Rp18.000,00
B. Rp24.000,00
C. Rp27.000,00
D. Rp30.000,00
Kunci Jawaban: C
Pembahasan: Soal ini membutuhkan beberapa langkah perhitungan: mencari harga awal setiap buku, lalu menghitung harga setelah diskon, dan terakhir menjumlahkannya.
- Harga buku Y: Rp24.000,00
- Harga buku X (sebelum diskon): ½ dari harga buku Y
- ½ * Rp24.000,00 = Rp12.000,00
- Harga buku Z (sebelum diskon): 0,75 kali harga buku Y
- 0,75 * Rp24.000,00 = ¾ * Rp24.000,00 = Rp18.000,00
- Diskon 10%: Artinya, harga yang dibayar adalah 100% - 10% = 90% dari harga awal.
- Harga buku X setelah diskon: 90% * Rp12.000,00 = 0,90 * 12.000 = Rp10.800,00
- Harga buku Z setelah diskon: 90% * Rp18.000,00 = 0,90 * 18.000 = Rp16.200,00
- Total harga buku X + Z setelah diskon:
- Rp10.800,00 + Rp16.200,00 = Rp27.000,00
Soal Konversi dan Volume¶
3. Pak Bondan seorang penjual susu kedelai. Suatu hari, Pak Bondan memproduksi susu kedelai sebanyak 9 wadah yang masing-masing berisi 4 ¾ liter susu kedelai. Seluruh hasil produksi tersebut akan dituangkan ke dalam 47 botol besar dengan isi yang sama banyak dan ke dalam 17 botol kecil dengan isi setiap botolnya adalah setengah botol besar.
Tentukan Benar atau salah untuk setiap pernyataan berikut tentang hasil produksi susu kedelai Pak Bondan!
- Pada hari itu Pak Bondan memproduksi 42 ¾ liter susu kedelai. (Benar/salah)
- Setiap botol besar diisi susu kedelai sebanyak 57/74 liter. (Benar/salah)
- Total susu kedelai yang dikemas dalam botol kecil adalah 969/74 liter. (Benar/salah)
Kunci jawaban: Benar, benar, salah
Pembahasan: Ini adalah soal bertingkat yang memerlukan perhitungan detail untuk setiap pernyataan.
-
Total produksi susu kedelai:
- 9 wadah * 4 ¾ liter/wadah
- Ubah pecahan campuran: 4 ¾ = (4*4 + 3)/4 = 19/4
- Total = 9 * 19/4 = 171/4 liter
- Ubah kembali ke pecahan campuran: 171/4 = 42 ¾ liter.
- Jadi, pernyataan “Pada hari itu Pak Bondan memproduksi 42 ¾ liter susu kedelai” adalah Benar.
-
Isi setiap botol besar:
- Misalkan isi 1 botol besar = B liter.
- Isi 1 botol kecil = ½ B liter.
- Total volume = (Jumlah botol besar * B) + (Jumlah botol kecil * ½ B)
- 171/4 = (47 * B) + (17 * ½ B)
- 171/4 = 47B + 17/2 B
- Samakan penyebut: 171/4 = (94/2)B + (17/2)B
- 171/4 = (94 + 17)/2 B
- 171/4 = 111/2 B
- Untuk mencari B: B = (171/4) / (111/2) = (171/4) * (2/111)
- Sederhanakan: 171 bisa dibagi 3 (171/3 = 57), 111 bisa dibagi 3 (111/3 = 37).
- B = (57/4) * (2/37) = (57 * 2) / (4 * 37) = 114 / 148
- Sederhanakan lagi (bagi 2): B = 57/74 liter.
- Jadi, pernyataan “Setiap botol besar diisi susu kedelai sebanyak 57/74 liter” adalah Benar.
-
Total susu kedelai dalam botol kecil:
- Ada 17 botol kecil.
- Isi setiap botol kecil = ½ dari isi botol besar = ½ * (57/74) = 57/148 liter.
- Total dalam botol kecil = 17 * (57/148) = 969/148 liter.
- Pernyataan menyebut 969/74 liter. Ini berbeda.
- Jadi, pernyataan “Total susu kedelai yang dikemas dalam botol kecil adalah 969/74 liter” adalah Salah.
Soal Konversi Satuan Berat¶
4. Setiap bulan Ramadan, SD Harapan mengadakan bakti sosial. Mereka membagi sembako yang berisi 3 kg beras, dua bungkus gula pasir dengan berat masing-masing kemasan 5 hg, dan lima bungkus mi instan dengan berat per bungkus 85 g. Seberat berat paket sembako tersebut? Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
A. Total berat semua isi paket adalah 4.425 gram
B. Berat mi instan dalam paket tersebut lebih dari 0,5 kilogram
C. Satu kemasan gula pasir lebih berat dibandingkan seluruh mi instan.
Kunci Jawaban: Pernyataan A dan C
Pembahasan: Penting untuk mengkonversi semua satuan berat ke satuan yang sama (misalnya gram) agar bisa dijumlahkan dan dibandingkan.
* Beras: 3 kg = 3 * 1000 gram = 3000 gram
* Gula pasir: Ada dua bungkus, masing-masing 5 hg.
* 1 hg = 100 gram.
* 5 hg = 5 * 100 gram = 500 gram.
* Total gula pasir = 2 * 500 gram = 1000 gram.
* Mi instan: Ada lima bungkus, masing-masing 85 g.
* Total mi instan = 5 * 85 gram = 425 gram.
Sekarang kita evaluasi setiap pernyataan:
-
Total berat semua isi paket:
- Total = Beras + Gula + Mi instan
- Total = 3000 g + 1000 g + 425 g = 4425 gram.
- Jadi, pernyataan A “Total berat semua isi paket adalah 4.425 gram” adalah Benar.
-
Berat mi instan dalam paket tersebut lebih dari 0,5 kilogram:
- Total mi instan = 425 gram.
- 0,5 kilogram = 0,5 * 1000 gram = 500 gram.
- 425 gram tidak lebih dari 500 gram.
- Jadi, pernyataan B “Berat mi instan dalam paket tersebut lebih dari 0,5 kilogram” adalah Salah.
-
Satu kemasan gula pasir lebih berat dibandingkan seluruh mi instan:
- Satu kemasan gula pasir = 500 gram.
- Seluruh mi instan = 425 gram.
- 500 gram lebih berat dari 425 gram.
- Jadi, pernyataan C “Satu kemasan gula pasir lebih berat dibandingkan seluruh mi instan” adalah Benar.
Soal Analisis Data (Diagram)¶
5. SD Harapan baru saja meresmikan ruang perpustakaan untuk siswa. Bu Anita sedang mendata banyak siswa yang berkunjung ke perpustakaan tersebut pada lima hari pertama sejak diresmikan. Diagram berikut menggambarkan data yang diperoleh Bu Anita. Deskripsi apakah yang tepat tentang data pada diagram tersebut? Tentukan benar atau salah untuk setiap pernyataan berikut!
Data Kunjungan Perpustakaan SD Harapan (5 Hari Pertama)
Hari | Jumlah Pengunjung |
---|---|
Senin | 30 |
Selasa | 35 |
Rabu | 40 |
Kamis | 38 |
Jumat | 33 |
- Banyak siswa yang mengunjungi perpustakaan pada hari Senin hanya ¾ dari pengunjung pada hari Rabu. (Benar/salah)
- Total siswa pengunjung perpustakaan mulai dari hari Senin hingga hari Jumat adalah 100. (Benar/salah)
- Perbedaan banyak pengunjung harian dengan hari sebelumnya tidak lebih dari 5 orang. (Benar/salah)
Kunci Jawaban: Benar, salah, benar
Pembahasan: Untuk soal analisis data seperti ini, kamu perlu melihat dan membandingkan angka-angka yang disajikan dalam diagram atau tabel.
-
“Banyak siswa yang mengunjungi perpustakaan pada hari Senin hanya ¾ dari pengunjung pada hari Rabu.”
- Pengunjung Senin = 30 orang.
- Pengunjung Rabu = 40 orang.
- Hitung ¾ dari pengunjung Rabu: ¾ * 40 = 3 * (40/4) = 3 * 10 = 30 orang.
- Jumlah pengunjung Senin (30) memang sama dengan ¾ dari pengunjung Rabu (30).
- Jadi, pernyataan pertama adalah Benar.
-
“Total siswa pengunjung perpustakaan mulai dari hari Senin hingga hari Jumat adalah 100.”
- Jumlahkan semua pengunjung dari Senin sampai Jumat:
- 30 (Senin) + 35 (Selasa) + 40 (Rabu) + 38 (Kamis) + 33 (Jumat) = 176 orang.
- Total pengunjung adalah 176, bukan 100.
- Jadi, pernyataan kedua adalah Salah.
- Jumlahkan semua pengunjung dari Senin sampai Jumat:
-
“Perbedaan banyak pengunjung harian dengan hari sebelumnya tidak lebih dari 5 orang.”
- Perbedaan Selasa dengan Senin: |35 - 30| = 5 orang (Tidak lebih dari 5, OK)
- Perbedaan Rabu dengan Selasa: |40 - 35| = 5 orang (Tidak lebih dari 5, OK)
- Perbedaan Kamis dengan Rabu: |38 - 40| = |-2| = 2 orang (Tidak lebih dari 5, OK)
- Perbedaan Jumat dengan Kamis: |33 - 38| = |-5| = 5 orang (Tidak lebih dari 5, OK)
- Semua perbedaan harian tidak lebih dari 5 orang.
- Jadi, pernyataan ketiga adalah Benar.
Tips dan Trik Menghadapi TKA SD/MI¶
Melihat contoh-contoh soal di atas, mungkin kamu merasa “wah, ternyata lumayan juga ya”. Tapi jangan khawatir, dengan persiapan yang tepat, kamu pasti bisa! Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:
- Pahami Konsep Dasar: Untuk Matematika, pastikan kamu benar-benar paham operasi hitung dasar (tambah, kurang, kali, bagi), pecahan, desimal, persen, sampai konsep pengukuran dan geometri sederhana. Untuk Bahasa Indonesia, latih pemahaman bacaan, identifikasi ide pokok, dan makna kata.
- Latihan Soal Secara Rutin: Semakin banyak kamu berlatih, semakin terbiasa kamu dengan berbagai tipe soal. Jangan hanya melihat kunci jawaban, tapi coba pahami langkah-langkah penyelesaiannya.
- Manajemen Waktu: Saat mengerjakan soal, penting untuk tidak terlalu lama di satu soal. Jika terlalu sulit, lewati dulu dan kerjakan yang lain. Kamu bisa kembali ke soal yang sulit itu nanti jika ada waktu sisa.
- Baca Soal dengan Cermat: Banyak kesalahan terjadi karena kurang teliti membaca soal atau instruksinya. Pastikan kamu paham betul apa yang ditanyakan sebelum menjawab.
- Istirahat Cukup dan Jaga Kesehatan: Percuma belajar keras kalau saat ujian badan malah tidak fit. Pastikan kamu tidur cukup dan sarapan sehat sebelum ujian ya!
Menguasai TKA itu bukan cuma tentang nilai tinggi, tapi juga tentang percaya diri dengan kemampuan kamu. Semangat terus belajarnya!
Untuk memahami lebih lanjut tentang tips menghadapi TKA SD, simak video ini yuk!
Tonton Video Penjelasan TKA SD/MI
(Catatan: Tautan video di atas adalah contoh placeholder. Dalam situasi nyata, Anda harus menyematkan tautan video YouTube yang relevan dengan tips dan trik TKA SD/MI.)
Bagaimana menurut kalian? Apakah contoh soal ini membantu? Punya strategi belajar TKA sendiri yang jitu? Yuk, bagikan pengalaman dan tips kalian di kolom komentar di bawah ini!
Posting Komentar